ACARA CAPPING DAY (Pemasangan Kap) Mahasiswa/i Akper BK Palu Angkatan XXI Tahun 2020

Capping Day merupakan suatu proses dimana mahasiswa keperawatan diwajibkan untuk mengikuti pemasangan kap dan sekaligus mengucapkan janji agar dalam melaksanakan praktik dan kewajibannya sesuai dengan etika profesi keperawatan.

Melalui Capping Day diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan pelayanan dibidang keperawatan, sekaligus  mahasiswa memahami dan menyadari akan hakikat tanggung jawabnya sesuai dengan janji yang telah diucapkan, memelihara kedisiplinan dalam menjalankan profesi sebagai calon perawat yang profesional.

Acara Capping Day tahun ini dilaksanakan di Aula Kampus Akper BK Palu Jl. Bali No. 22B Palu pada hari Sabtu, 29 Februari 2020. Acara di mulai dengan ibadah syukur pada pukul 16.00 Wita dan dilanjutkan dengan acara ceremonial sampai selesai pukul 19.18 Wita.

Direktur Akper BK Palu, E. Lilian Mua, SKM, M.Kep. Membawakan laporan pendidikan

Sambutan Direktur Akper BK Palu dalam acara Capping day menyampaikan mahasiswa yang di pasangkan Kap berjumlah 93 orang. Mereka telah melewati 1 semester teori di kelas, dan pada saat ini dipasangkan Kap dan mengucapkan janji sebelum turun praktik Di Rumah Sakit disemester 2. Ibu direktur juga menyampaikan program baru akper BK Palu dimana menjawab regulasi dan inovasi program yang dicanangkan oleh Kemendikbud yaitu Kampus Merdeka dimana mahasiswa selama masa studinya dapat melakukan magang di layanan tempat praktik. Dan tidak lupa juga, ibu direktur menyambut kedatangan orang tua dari daerah asal setiap kabupaten sebagai penghargaan luar biasa sebagai orang tua yang berjuang untuk kesuksesan anak-anaknya untuk menimba ilmu di akper BK Palu.

Orang tua mahasiswa dari daerah parigi moutong berdiri saat diucapkan selamat datang oleh Direktur.

Didalam acara tersebut dihadiri oleh tamu-tamu penting di antaranya :

Sambutan Sekretaris Umum Bala Keselamatan Indonesia Cedric Hills
Executive Director of Peacehaven Nursing Home Singapore, Mdm. Low Mui Lang

Mdm. Low Mui Lang (Executive Director Of Peace Haven Nursing Home Singapore) memberikan sambutan dalam acara Capping Day dan menyampaikan bahwa sangat bangga bisa bekerja sama dengan Akper BK Palu, karena lulusan Akper BK Palu sangat sesuai dengan harapan Nursing Home yg ada di Singapore, baik secara intelektual, skill, attitude dan juga spiritual. Dengan rasa kepuasannya terhadap kerja sama yang terjalin selama ini, Mdm. Low Mui Lang menerima tawaran untuk program kampus merdeka yang dicanangkan oleh kemendikbud yaitu program Magang. Beliau menyampaikan siap menerima mahasiswa praktik selama 1 tahun dan mahasiswa tersebut akan diberikan gajih walaupun masih dalam status mahasiswa.

Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Tengah, dr Reny A. Lamadjid, Sp. PK., M.Kes.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah juga memberikan sambutan dimana beliau memotivasi dan mengajak untuk peserta capping day dapat menjadi panutan dan profesional dalam melakukan praktik keperawatan. Beliau juga memberikan testimoni dimana, lulusan akper BK Palu sangat dapat di andalkan dan sangat baik dalam penerapan pelayanan di instansi-instansi kesehatan seperti di Rumah sakit, puskesmas dll.

Sambutan Bpk Bupati Kab. Sigi, Muhamad Irwan Lapata, S.Sos., M.Si.

Dalam acara capping day tersebut, Bpk Bupati sigi juga turut hadir dan juga memberikan sambutan. Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan peran penting nya perawat dalam meningkatkan kemajuan sumber daya kabupaten sigi dan bersama-sama juga profesi guru. Sudah 3 tahun ini, Kab. Sigi memberikan beasiswa bagi putera-puteri Sigi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi akper BK Palu. Harapannya, dapan menjadikan Kabupaten sigi menjadi Kabupaten yang memiliki tingkat kesehatan yang baik dan merata, bukan hanya di daerah perkotaan tetapi juga di daerah-daerah terpencil seperti di bagian dolo barat dan daerah-daerah terpencil lainnya.

Kegiatan Capping Day juga dimeriahkan dengan pertunjukan-pertunjukan dari kegiatan ekstrakurikuler Mahasiswa/i seperti Seni Bela Diri Kempo, Paduan suara, tari-tarian dan Orasi Tokoh Keperawatan.

Seni Bela Diri Kempo
Paduan Suara Akper BK Palu
Orasi Tokoh Keperawatan Di Dunia
Tarian Saronde dari Kab. Gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *